Deteksi Dini Masalah Pada Rem

06 / 01 / 2016 - in Ask The Expert
Deteksi Dini Masalah Pada Rem

Masalah rem pada truk seringkali tidak terlihat hingga masalah muncul dalam keadaan yang tidak bisa diprediksi. Menurut Moch. Kosasih, Workshop Head PT Catur Kokoh Mobil Nasional sebenarnya hal itu bisa diketahui lebih dini jika pengemudi sensitif terhadap gejala. Potensi masalah akan sangat jelas jika muncul masalah yang sama dan berulang. Berikut adalah beberapa malfungsi rem :

1. Pedal rem tidak sepenuhnya turun

Jika ini tidak terjadi, maka periksa perangkat rem yang terhubung ke pedal bisa saja karena kebocoran minyak rem atau tekanan udara dari kompresor yang bermasalah.

2. Pada indikator tekanan udara tidak terdeteksi adanya udara dalam tabung penyimpanan

Periksa semua valve perangkat rem yang terhubung ke perangkat. Hilangnya tekanan pada tabung bisa saja karena kebocoran pipa atau masalah katup yang longgar.

3. Terdengar suara bising dari tromol

Problem ini terjadi jika kampas rem sudah mulai habis. Ini juga muncul karena kampas rem yang mengeras. Setiap kampas rem memiliki batas toleransi penggunaan. Jika sudah melebihi batas itu harus segera diganti. Jika pengemudi tidak tanggap terhadap masalah akan muncul masalah yang lebih besar di kemudian hari. Karena bisa saja tromol menjadi panas karena material rem sudah habis dan ban meletus.

4. Kampas rem kotor

Saat penggantian atau service rutin ada minyak atau oli yang menetes ke bagian kampas sehingga mengering. Area ini sudah terkontaminasi dengan cairan, sehingga menggangu gaya gesek antara tromol dan kampas rem. Segera ganti dengan kampas rem yang baru.

5. Permukaan tromol yang kotor

Kondisi jalan yang tidak menentu dan mekanik yang tidak menerapkan pola kerja bersih bisa mininggalkan sisa oli atau grease yang tercecer dibagian dalam tromol. Ini jelas akan menganggu pengeremen, Masalah akan menjadi besar jika kampas rem mejadi kurang pakem saat direm. Selain pembersihan area tromol dan penggantian kampas juga diperlukan jika memang tidak bisa dilakukan perbaikan.

Jangan sepelekan gejala yang muncul pada rem karena meknismenya tidak boleh terganggu. Service rutin dan tanggap terhadap masalah yang muncul bisa menjadi pencegahan kerugian yang lebih besar.

Teks : Sigit A

Foto : Giovanni V

Moch. Kosasih, Workshop Head PT Catur Kokoh Mobil Nasional

Moch. Kosasih, Workshop Head PT Catur Kokoh Mobil Nasional



Sponsors

NEW_327X300_

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix