One Way hingga Manfaatkan Jalur Pantura, Jurus Jitu Atasi Kepadatan Arus Balik Lebaran 2022

06 / 05 / 2022 - in Berita

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi meninjau arus balik lebaran di gerbang tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Jumat (6/5). “Jadi kami akan terus pantau jam per jam. Kita sudah mulai tadi siang full one way dari KM 414 sampai KM 47 sesuai rencana semula. Jadi di 47 kita kembalikan ke jalur semula. Kita tidak berharap harus sampai dibuka di KM 28 bahkan sampai ke Halim. Itu artinya deras walaupun itu sangat mungkin kita kerjakan,” kata Irjen Firman di Cikampek.

Menurut Irjen Firman, pihaknya akan mengevaluasi perkembangan lalu lintas di jalur tol dari timur Jawa menuju Jakarta. Hal itu untuk menentukan keputusan kebijakan selanjutnya.  Lebih lanjut, kata Irjen Firman, kebijakan one way pada arus balik ini diprediksi akan berjalan selama 24 jam hingga 8 Mei 2022 nanti. Hal ini mengingat rasio kendaraan pada arus balik lebaran ini berada di atas angka satu.

“Kita akan lihat perkembangan volume kendaraan dari Jawa Tengah, Jawa Barat hingga Cikarang Utama. Apabila tidak memungkinkan kita akan perpanjang. Tapi sepanjang masyarakat tertib rapih, ada ruang di dalam jalan artinya rasionya dibawah satu bisa saja relaksasi satu lajur untuk contraflow,” terang Irjen Firman.

Selain itu, Irjen Firman mengingatkan kembali kepada masyarakat yang terdampak one way untuk mencari jalan alternatif atau arteri.

Pada kesempatan lain, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendampingi Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau jalur arteri di Pekalongan, Jawa Tengah. Menhub mengatakan, cara bertindak yang disiapkan oleh pihak Kepolisian jika terjadi kepadatan di jalur tol pada saat arus balik, maka: pertama, kendaraan dari jalan arteri tidak boleh masuk jalan tol atau kendaraan yang di jalur tol akan dikeluarkan ke jalan arteri.

“Kita tidak berharap itu terjadi. Mudah-mudahan rekayasa One Way berjalan baik dan tidak terjadi suatu kepadatan. Cara bertindak ini perlu disosialisasikan kepada pemerintah daerah di jalur-jalur arteri sepanjang Pantura seperti di : Kerawang – Indramayu – Cirebon – Brebes – Tegal – Pekalongan – Batang, sampai Semarang. “Sosialisasi dilakukan agar masyarakat paham dan mengerti bahwa ada suatu cara bertindak seperti ini jika terjadi kondisi force majeur,” jelas Menhub Budi.

Atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga kembali memperpanjang jalur one way. Sejak 22.20 WIB, one way berlaku mulai dari Km 442 Simpang Susun (SS) Bawen Jalan Tol Semarang-Solo s.d Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Dwimawan Heru, Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk menjelasakan one way dari Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang juga telah diperpanjang s.d Km 428 Jalan Tol Semarang ABC sejak pukul 15.00 WIB.

Editor : Sigit

Foto : Jasa Marga

 



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix