Dana Terbatas, Begini Prioritas Penggantian Ban agar Tetap Selamat

26 / 04 / 2020 - in Berita, Tips & Trik

Sebuah ban harus bisa menjalankan seluruh fungsinya, agar bisa menjamin keselamatan dan kenyamanan berkendara dan pemakai jalan lain. Jika salah satu fungsinya tidak dapat bekerja secara optimal, ban tersebut dapat dikategorikan sebagai tidak layak pakai. Jika pada suatu keadaan, perusahaan memiliki keterbatasan anggaran untuk mengganti ban kendaraan yang telah aus semua, ban yang terpasang pada posisi depan atau belakang dulu yang harus diprioritaskan untuk diganti?

Ban adalah barang komplementer paling vital bagi semua kendaraan bermotor, karena tanpa ban, kendaraan tidak akan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Fungsi ban pada kendaraan adalah:

  1. Menyangga beban kendaraan.
  2. Meneruskan gaya gerak dan pengereman ke permukaan jalan.
  3. Meredam getaran/kejutan dari permukaan jalan.
  4. Meneruskan fungsi kemudi dan mengontrol arah kendaraan.

Bambang Widjanarko Independent Tire Analyst bersertifikat internasional yang juga kontributor ahli Truckmagz lebih lanjut menjelaskan. “Lalu lebih bahaya mana jika kita menggunakan ban yang telah aus pada posisi depan atau belakang? Jawabnya adalah sama saja berbahayanya. Jadi jika kita mengemudikan kendaraan dengan menggunakan ban aus adalah sangat berbahaya bagi keselamatan si pengemudi kendaraan tersebut dan pengguna jalan lain, tidak peduli ban posisi mana atau seluruhnya yang dalam keadaan aus,” katanya.

“Banyak orang berbeda pendapat tentang ban yang terpasang pada posisi depan atau belakang dulu yang harus diganti ketika kita tidak mempunyai anggaran yang cukup untuk melakukan penggantian seluruh ban yang telah aus pada sebuah kendaraan. Ada yang berpendapat ban yang terpasang pada posisi depanlah yang harus mendapat prioritas awal untuk dilakukan penggantian karena ban yang terpasang pada posisi depan kendaraanlah yang harus bekerja untuk mengarahkan laju kendaraan sesuai dengan keinginan pengemudi,” tambahnya.

Namun banyak pula yang berpendapat ban yang terpasang pada posisi belakang yang harus mendapat prioritas awal untuk dilakukan penggantian. Karena dari bagian belakang asalnya terjadi gaya dorong (thrust momentum) ke bagian depan kendaraan dalam ilmu gaya. “Semua pendapat itu tidak ada yang salah alias sama-sama benar, jika didasari oleh argumentasinya masing-masing, yaitu tergantung pada roda penggerak kendaraan tersebut, di depan atau di belakang,” tuturnya.

“Seperti perbedaan pendapat pada pengusaha bus dengan pengusaha truk tentang cepat mana keausan ban pada kendaraan mereka masing-masing, ban yang terpasang pada bagian depan atau bagian belakang yang lebih dulu mengalami keausan. Pengusaha bus pasti akan bersikukuh, ban yang terpasang pada bagian depan kendaraanlah yang akan mengalami keausan terlebih dulu. Sedangkan pengusaha truk pasti akan bersikukuh, ban yang terpasang pada bagian belakang kendaraanlah yang akan mengalami keausan terlebih dulu. Keduanya sama-sama benar juga, karena memang begitulah kenyataannya.

Berikut beberapa hal yang mempengaruhi keausan ban. Faktor internal terdiri dari tekanan angin, keselarasan dan keseimbangan geometeri roda, rotasi ban dan pemilihan pola telapak ban. Sedangkan faktor eksternal yaitu jenis dan usia kendaraan, rancang bangun asli pabrik atau modifikasi sendiri, jenis dan beban muatan, segmentasi jalan, jarak tempuh operasional atau trayek, iklim atau cuaca dan karakter pengemudi. Beda antara kendaraan niaga dengan kendaraan pribadi hanya pada beban muatan.

Mengenai prioritas penggantian roda, Bambang memiliki pandangan pribadinya. “Ban yang perlu mendapat prioritas untuk diganti terlebih dulu pada saat kita mengalami keterbatasan anggaran untuk mengganti semua ban yang telah aus adalah ban yang berada pada posisi roda penggerak, tidak peduli apakah kendaraan yang kita miliki berpenggerak roda depan atau roda belakang. Karena roda yang berfungsi sebagai penggerak kendaraan ini juga sekaligus berfungsi sebagai pengontrol laju kendaraan,” terangnya.

Editor : Sigit A

Foto : Dokumentasi pribadi



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix