Daimler Tunjuk DSEA untuk Region Asia Tenggara

04 / 03 / 2016 - in Berita

Daimler terus mempercepat ekspansinya guna memperluas pangsa pasar kendaraan niaganya di wilayah Asia Tenggara, lantaran kawasan ini dianggap memiliki peran sangat penting dalam pertumbuhan bisnis dan industri ke depannya.

Melalui pusat kendaraan komersial yang baru untuk wilayah Asia Tenggara, Daimler South East Asia Pte Ltd (DSEA) yang berbasis di Singapura, Daimler mulai memfokuskan diri dan bertanggung jawab pada 18 pasar dalam wilayah kerjanya ini.

Tujuannya untuk mengawasi seluruh aktivitas penjualan serta layanan terkait truk, bus dan van Mercedes-Benz termasuk truk dan bus label FUSO, mulai dari kategori kendaraan ringan perkotaan sampai truk kategori heavy duty.

Pusat regional dari Daimler ini membawahi 18 pasar yaitu Brunei, Kamboja, Fiji, Polinesia Prancis, Hong Kong, Indonesia, Laos, Malaysia, Mongolia, Kaledonia Baru, Papua Nugini, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Vanuatu, serta Vietnam.

Daimler juga telah mengoperasikan enam pabrik perakitan kendaraan niaga Mercedes-Benz untuk di-CKD-kan di wilayah ASEAN yaitu di Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam serta dua fasilitas di Taiwan.

Sebelumnya pada 2015, sepuluh negara di Asia Tenggara (Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, Singapura, Filipina, Myanmar, Laos, Brunei dan Kamboja) membentuk Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) untuk memperkuat perdagangan lintas batas. investasi langsung asing di wilayah ASEAN meningkat dari USD 85 miliar pada tahun 2007 menjadi USD 136 miliar di tahun 2014.

Hal ini menunjukkan bahwa negara berkembang dengan pertumbuhan kebutuhan transportasi yang begitu tinggi, menawarkan peluang pasar terbaik bagi Mercedes-Benz dan FUSO untuk menggarap segmen kendaraan niaga. Seperti di tahun 2015 pasar truk di Vietnam tumbuh sebesar 92 persen, dan Filipina tumbuh sebesar 27 persen.

Secara volume, total pasar kendaraan niaga di Asia Tenggara mencapai sekitar 225.000 unit di tahun 2015. Sementara itu, Daimler berhasil menjual lebih dari 40.000 unit kendaraan komersialnya di kawasan Asia Tenggara sepanjang 2015.

Teks : Antonius S

Foto : Daimler



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix