Daihatsu Optimis di Persaingan Segmen Light Commercial

05 / 06 / 2018 - in News
granMax

Menanggapi pertumbuhan ekonomi yang mulai membaik di pertengahan tahun 2018, Daihatsu semakin optimis bisa tetap bertahan segmen kendaraan light commercial lewat produk unggulannya Granmax Pickup. Regional Manager Jawa Timur, Budhy Lau, menjelaskan di acara Media Gathering Astra Daihatsu Jatim di Surabaya, Senin (4/6).

“Secara nasional, penjualan light pickup paling banyak Daihatsu adalah di Jatim, kedua Sumatera baru berikutnya daerah lain. Granmax pickup sendiri tahun ini masih tumbuh 8%. Dengan market tahun ini, Daihatsu pickup mampu tumbuh hingga 9%. artinya surplus 1% persen diatas pertumbuhan market. Dari data kami, Granmax pickup terjual 551 unit setiap bulan. Tahun ini terjual rata-rata setiap bulan 598 unit, hampir terjual 600 unit setiap bulan.  Dengan market share Jatim di angka 65%. Pasar kendaraan komersil ini bagus karena dipicu oleh perekonomian Indonsesia yang mulai membaik. Dukungan lain juga datang dari infrastruktur yang sudah mulai berjalan, yaitu dengan jalan tol yang sudah betahap semakin panjang, “ jelasnya.

Budhy menambahkan, “Dengan jalan tol yang sudah mulai tersambung ini, distribusi dari daerah ke kota atau sebaliknya jadi semakin lancar. Pickup dari daerah mengangkut sayur atau kebutuhan pokok lain untuk dibawa ke kota. Jika dulu perjalanan dari daerah bisa sampai 6 jam, sekarang cukup 2 jam sudah sampai. Sektor logistik ini memang ditopang oleh kendaraan komersil. Dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik. Kendaraan komesil akan terus bertumbuh. Kami yakin setelah infrastruktur ini bertumbuh dan semua tersambung, semua daerah akan berkembang pesat. Karena aksesnya sudah lancar.  Perekonomian semakin membaik, daya beli masyarakat naik juga, serta biaya operasional jadi murah karena kirim barang menjadi lebih cepat, ” katanya.

Semenjak diluncurkan, Granmax pickup bisa diterima oleh market. Karena keunggulan dari pada bak, kabin, mesin dan tampilan. “Yang penting dari kendaraan komersil ini adalah aftersales service nya. Pengusaha suka produk yang bandel tidak mudah rewel, ketersediaan sparepart terjaga, jaringan aftersales service yang cukup luas hingga daerah-daerah. Selain itu juga resale value, artinya kendaraan dipakai dalam jangka waktu tertentu dan ada saatnya ganti baru. Jika itu dilakukan bisnis bisa tetap lancar dengan usia kendaaraannya lebih muda. Granmax pickup sangat baik sebagai market leader, bahkan share kita di Kediri dan Malang bisa sampai 75%. Sehingga demand market terhadap komersil light pickup cukup bagus, artinya harga menjadi baik. Kedepan kami akan improve terus baik segi produk maupun aftersales service, “katanya.

Granmax pickup tersedia dalam bak standar dan bak 3 way. Untuk keperluan bisnis yang lebih luas bisa gunakan aplikasi box atau blind van. Blind van bisa digunakan untuk kendaraan laundry, restoran, ambulan atau produk makanan.
Teks : Sigit A
Foto : Daihatsu



Sponsors

Truckmagz GIF

Media Banner for TruckMagz Indonesia-02

KI-2018-Web-Banner-320x327 (TruckMagz)

1cemat-banner300-80-cn 

logo-chinatrucks300 327pix

FA-CVL-Digital-Banner-300x327-pixel