CKB Logistics Bangun PLB Pertama di Timur Indonesia

09 / 06 / 2017 - in Berita

PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistik), salah satu perusahaan penyedia jasa logistik terpadu di Indonesia, melakukan ekspansi usaha dengan membuka pusat logistik berikat (PLB) di Kabupaten Sorong, Papua Barat. PLB yang resmi beroperasi sejak 29 Mei ini merupakan PLB pertama di kawasan timur Indonesia.

Presiden Direktur CKB Logistik Iman Sjafei mengatakan, hadirnya PLB Sorong menjadi pertanda bila peluang bisnis di timur Indonesia telah terbuka luas. Menurutnya, pembangunan PLB Sorong ini dilakukan sesuai dengan Paket Kebijakan Pemerintah Jilid II (2015) mengenai insentif fasilitas di kawasan PLB, sehingga perusahaan manufaktur tidak perlu impor dan cukup mengambil barangnya di PLB.

”Kami berharap PLB Sorong dapat mendorong terciptanya efisiensi, sehingga kegiatan ekonomi wilayah ini dapat berkembang lebih cepat. Langkah ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam rangka mempercepat pembangunan infrastruktur di timur Indonesia,” kata Iman di Jakarta, Kamis (8/Juni).

Iman menambahkan, keberadaan PLB dapat menekan biaya logistik hingga 60%, karena perusahaan manufaktur yang memindahkan penyimpanan barang mereka dari luar negeri ke Indonesia. ”Peningkatan investasi di sektor migas dan sumber daya alam di Papua dapat menjadi peluang bisnis logistik. Kami opetimis pembangunan PLB Sorong akan memperkuat posisi CKB Logistics dalam bisnis logistik di Indonesia,” imbuhnya.

Guna memaksimalkan kinerjanya, PLB Sorong dilengkapi berbagai fasilitas lengkap diantaranya lahan seluas 1.200 meter persegi, dan lapangan penyimpanan terbuka (open yard) dengan luas 2.500 meter persegi. Selain itu, PLB Sorong juga didukung dengan infrastruktur dan akses menuju bandara dan Pelabuhan Sorong.

Hingga saat ini, CKB tetap berkomitmen dalam menawarkan solusi transportasi dan logistik terpadu. Sejak mendapat lisensi sebagai pengelola PLB pada 2016, CKB Logistics telah mengelola 4 PLB dengan luas total 74.000 meter persegi. Pada 2020 mendatang CKB Logistics menargetkan akan membangun dan mengoperasikan PLB seluas 300.000 meter persegi yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Teks: Citra
Editor: Antonius
Foto: Pebri



Related Articles

Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix