Cegah Karoseri Tanpa SKRB, KTB Sodorkan Layanan Karoseri Portal

22 / 07 / 2019 - in Berita

Selaku authorized distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) terus melakukan sosialisasi dan edukasi terkait regulasi pemerintah mengenai kendaraan niaga dan rancang bangun karoseri.

Direktur Penjualan dan Pemasaran KTB, Duljatmono menjelaskan, sehubungan dengan law enforcement dari pemerintah terkait ODOL (over dimension-overload), karoseri harus punya syarat SKRB (Surat Keputusan Rancang Bangun) untuk membuat bodi truk supaya bisa mendapatkan SRUT (Sertifikat Registrasi Uji Tipe).

Surat Keputusan Rancang Bangun atau SKRB ini memang menjadi domain Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dalam hal ini Ditjen Perhubungan Darat. Saat ini, semua prosedur pengajuan SKRB secara administratif sudah bisa dilakukan secara online. SKRB diterbitkan untuk mendapatkan SRUT, dan SRUT berguna untuk melakukan proses pengujian kendaraan bermotor atau uji KIR secara berkala, bahkan saat ini juga diperlukan untuk pengurusan perpanjangan STNK.

“Karoseri yang sudah dipercaya oleh konsumen kami umumnya sudah memiliki SKRB. Jumlah SKRB ini sangat banyak karena berkaitan dengan tipe kendaraan dan tipe rear body-nya. Apakah itu aplikasi tangki atau dump truck, jadi satu model kendaraan bisa memiliki tiga SKRB karena tergantung aplikasi rear body karoserinya,” kata Duljatmono di booth Mitsubishi Fuso, GIIAS 2019, Senin (22/7/2019).

Duljatmono menambahkan, saat ini KTB bersama dengan pemerintah (Kemenhub) sedang berkoordinasi dengan karoseri-karoseri, untuk bekerja sama dengan meng-endorse karoseri-karoseri ini untuk mempunyai SKRB.

“Sehingga karoseri yang sudah punya SKRB akan lebih memudahkan bagi karoseri untuk mendapatkan SRUT, dan konsumen bisa mudah memilih mereka. Cukup banyak karoseri-karoseri besar di Indonesia yang kami kenal yang sudah memiliki SKRB, khususnya untuk model-model Mitsubishi Fuso baik di kelas LDT, MDT, maupun di kelas HDT,” ujar Duljatmono

Guna memudahkan pelanggannya, KTB telah menyediakan layanan Karoseri Portal yang dapat diakses melalui website resmi Mitsubishi Fuso Indonesia (https://www.ktbfuso.co.id/karoseriportal/). Layanan ini untuk memfasilitasi karoseri-karoseri yang sudah memiliki SKRB untuk bergabung dengan layanan website Karoseri Portal KTB ini, dengan melakukan registrasi langsung ke pihak KTB melalui email (adminkaroseriportal@ktb.co.id) atau telepon di nomor 021-478-99312.

SKRB

SKRB

“Para diler kami nanti bisa mengarahkan kepada konsumen untuk memilih karoserinya melalui layanan Karoseri Portal KTB ini. Konsumen bisa memilih ke mana saja harus memilih karoseri yang terdekat dengan domisilinya, dan pastinya sudah terjamin karena sudah memiliki SKRB dan itu bisa dicek melalui layanan Karoseri Portal KTB,” urai Toto Sudaryanto, Deputy Group Head-Branding Group KTB.

Layanan Karoseri Portal KTB diperkenalkan untuk pertama kalinya di ajang GIIAS 2019, bertempat di ICE BSD, Tangerang. Karoseri Portal merupakan platform yang dikembangkan KTB untuk meningkatkan kerja sama antara KTB, diler, dan perusahaan karoseri.

“Karoseri Portal dibentuk sebagai komitmen KTB untuk mempermudah perusahaan karoseri dalam pengajuan rancang bangun kepada Kementerian Perhubungan, karena kebutuhan bisnis konsumen akan bentuk rear body berbeda-beda. Sehingga perusahaan karoseri membutuhkan dokumen rancang bangun yang juga berbeda-beda. Melalui Karoseri Portal, nantinya perusahaan karoseri akan mendapat body builder manual, spesifikasi produk mana yang sesuai dengan karoseri yang akan dibentuk, serta informasi regulasi terkait rancang bangun,” ujar Dony Hermawan, Head of PR & CSR KTB.

Perusahaan karoseri yang sudah terdaftar di Karoseri Portal akan mendapat update informasi terkait regulasi pemerintah mengenai rancang bangun kendaraan. Selain itu, Karoseri Portal juga dapat digunakan untuk mengakses gambar teknis dans spesifikasi kendaraan, sertifikat uji tipe, serta body builder manual sehingga mempermudah perusahaan karoseri saat  pembuatan body karoseri dan dalam pengurusan rancang bangun kendaraan, karena dokumen dapat diakses secara online.

Dalam Karoseri Portal, KTB akan memberikan daftar perusahaan karoseri rekanan yang telah memenuhi standardisasi. Diler dapat menggunakan list karoseri tersebut sebagai referensi kepada konsumen melalui profil yang ada di dalam Karoseri Portal. Semua dapat dilakukan dengan mudah serta dapat diakses melalui perangkat gadget kapan pun dan dimana pun.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton



Related Articles

Sponsors

 

 

logo-chinatrucks300 327pix