GIIAS 2019

Buka GIIAS 2019, Wapres Jusuf Kalla Singgung Isu Ekspor

18 / 07 / 2019 - in Auto Show, News

Mengusung tema Future in Motion, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 resmi dibuka Wakil Presiden (Wapres), Jusus Kalla di ICE BSD City, Tangerang, didampingi Menteri Perindustrian, Airlangga Hartato dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Pameran tahunan yang telah berlangsung 27 kali ini akan berlangsung mulai 18 Juli-28 Juli 2019.

“Industri mobil sangat dinamis, mulai dari teknologi, harga dan cara pemakaiannya. Pemerintah mendukung pengembangan industri tersebut termasuk perdagangan dalam negeri serta ekspor. Salah satu bentuk dukungannya adalah tersedianya car terminal untuk melayani industri,” ucap Jusuf Kalla dalam pidato sambutannya di GIIAS 2019, ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2019).

Pemerintah sendiri menargetkan ekspor pada tahun 2025 sebanyak satu juta unit kendaraan. Sekitar 20 persen diharapkan berasal dari kendaraan listrik. ”GIIAS kali ini membuktikan bahwa industri otomotif bahwa industri otomotif menjadi salah satu dari lima industri yang menjadi prioritas pengembangan,” kata Airlangga Hartato.

Tercatat angka ekspor mobil utuh pada tahun 2018 mencapai 264.533 unit, atau tumbuh sekitar 14 persen dari tahun sebelumnya. Kendaraan tersebut telah diekspor ke 80 negara yang mencakup ASEAN, Asia, Afrika, Jepang, serta beberapa negara Amerika. Tahun ini Gaikindo akan mengupayakan angka ekspor dapat mencapai 300 ribu unit.

“GIIAS fokus untuk memberikan informasi mengenai industri otomotif global dan khususnya perkembangan industri otomotif dalam negeri ke mata dunia. GIIAS diharapkan akan menjadi dorongan kuat bagi pertumbuhan ekspor Indonesia,” ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Abdul



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix