BPTJ Pertimbangkan Hapus Pembatasan Jam Operasional Truk di Tol

07 / 04 / 2019 - in News
BPTJ

Badan Pengelola Tansportasi Jabodetabek (BPTJ) mempertimbangkan menghapus kebijakan pembatasan jam operasional truk di beberapa ruas Tol di Jabodetabek. Langkah ini dilakukan berdasarkan pengamatan BPTJ bahwa kondisi lalu lintas mengalami penurunan dengan rata-rata kecepatan turun 10 persen. Pertimbangan lain, upaya untuk mempelancar arus barang yang mengarah ke pelabuhan Tanjung Priok atau sebaliknya.

“BPTJ memiliki kepentingan untuk segera mengkoordinasikan untuk mengembelikan rata-rata kecepatan ke keadaan semula. Sebab data kami mencatat kondisi lalu lintas saat ini terutama rata-rata kecepatannya menurun 10 persen,” ujar Bambang Prihartono, Kepala BPTJ saat melakukan Rapat Lanjutan Pengaturan Angkutan Barang di kantor BPTJ, Jakarta beberapa waktu lalu.

Diketahui pembatasan jam operasional truk telah diberlakukan sejak pertengahan Maret 2018 di ruas Tol Jakarta – Cikampek. Mulai hari Senin-Jumat mulai pukul 06.00-09.00 WIB berlaku bagi kendaraan golongan III, IV dan V. Dua bulan kemudian, kebijakan yang sama juga diterapkan di ruas Tol Jakarta-Tangerang.

Pada saat mengeluarkan kebijakan pembatasan jam operasional truk, BPTJ mengacu pada perbandingan kapasitas jalan dan volume kendaraan atau dikenal dengan Volume Demand to Capacity ratio (V/C ratio). Catatan BPTJ, V/C ratio di tol Jakarta-Cikampek mencapai 1,3, angka ini di atas rasio maksimal yakni 0,75.

Sayangnya, setelah diberlakukan beberapa pengusaha angkutan mengeluhkan kebijakan tersebut sebab berimbas terhadap  lalu lintas di pelabuhan Tanjung Priok. Sekaligus mengganggu jadwal bongkar muat barang di pelabuahan terutama untuk komoditas ekspor-impor.

“Dari hasil-hasil rapat sebelumnya kita berkesimpulan, apabila untuk mengatur kemacetan di Tol Japek (Jakarta-Cikampek) tidak bisa hanya bicara masalah aturan ganjil-genap dan pembatasan jam operasional saja. Tapi memang kita harus membenahi secara sistem. Sistem lalu lintas angkutan logistik bisa kita atur dengan baik,” kata Bambang.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Anton



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix