BPTJ Bertahap Alihkan Arus Barang ke Kereta Api

06 / 11 / 2017 - in Berita

Badang Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) melalui kewenangannya akan berupaya untuk melakukan pengalihan angkutan logistik dari truk ke moda angkutan kereta api. Upaya tersebut merupakan langkah efisiensi biaya logistik akibat kemacetan yang ditimbulkan oleh angkutan barang dengan truk. Berdasarkan catatan BPTJ, saat ini untuk di Jawa 98% angkutan barang masih berbasis jalan, sedangkan yang berbasis kereta hanya 2%.

“Jadi bayangkan saja berapa besarnya dampaknya, yang jalan tol Jakarta- Cikampek kemarin saja jam operasional dibatasi jam 6-9 kecepatan kendaraan naik 15 persen. Apalagi kalau angkutan barang tidak ada, bisa 250 km per jam, makanya ini kami mau bangun sistem,” kata Bambang Prihartono, Kepala BPTJ setelah pertemuannya dengan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) beberapa waktu lalu.

Bambang juga meminta masukan dari PT KAI untuk merealisasikan rencana tersebut. Dari program ini, jalur-jalur yang biasa digunakan truk akan lebih leluasa untuk digunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Dia berharap langkah ini bisa mengubah kebiasaan kalangan industri yang selama ini bergantung pada truk dalam pengiriman logistik.

“Logikanya harusnya lebih murah dan efesien, kalau tidak lebih murah pasti ada sesuatu yang harus diperbaiki. Saat ini BPTJ sedang mencoba mendesain alat transportasinya seperti apa. Salah satunya membuat bagaimana angkutan kereta api ini bisa mengangkut penumpang dan barang secara bersamaan,” ujarnya.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Giovanni



Related Articles

Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix