BPJT: Trans Jawa Jalan Paling Aman di Indonesia

02 / 03 / 2019 - in News
BPJT

Pasca-tersambungnya jalan Tol Trans Jawa dari Merak ke Surabaya, pemerintah melalui Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) mencanangkan program jangka pendek. Pihak operator jalan akan didorong melakukan modernisasi sistem dan peningkatan mutu infrastruktur jalan berserta fasilitas penunjangnya agar bisa dipergunakan masyarakat dengan aman.

“Ini bagian dari program jangka pendek kita. Tahun ini Tol Trans Jawa sudah mendekati 200 kilometer panjangnya, itu aset jalan Tol yang sudah ada dan beroperasi. Untuk ruas Tol yang sudah beroperasi akan kita dorong melakukan modernisasi sistem. Kita akan memastikan bahwa mutu jalan yang telah dibangun kategori very safety. Harus prioritaskan keselamatan pengendara, tingkat fatalitas turun  dan jumlah kecelakaan berkurang,” ucap Danang Parikesit, Kepala BPJT di kantornya beberapa waktu lalu.

Prinsipnya, dalam program yang akan dijalankan BPJT ingin memberi kesadaran bahwa fasilitas jalan Tol yang dibangun pemerintah merupakan jalan yang paling aman di Indonesia. Hal itu diwujudkan dalam penerapan Standar Layanan Minimum berupa infrastruktur yang berkualitas. Konkritnya, tidak ada lagi jalan berlubang atua tidak terjadi badan jalan yang longsor akibat tergerus air banjir.

“Maka dari itu kita akan pasang alat sensor, agar bisa mendeteksi ruas Tol mana saja yang rawan terjadinya longsor. Sehingga kita sudah antisipasi, jadi gangguan terhadap operasional jalan Tol bisa diminimalkan. Jembatan-jembatan panjang juga akan dipasang alat sensor gunanya untuk mengetahui tingkat keamanan dan keselamatan ketika dilewati kendaraan,” kata Danang.

Pemasangan alat sensor di beberapa jembatan jalur Tol Trans Jawa, menurut Danang, akan membantu BPJT mengetahui pegeseran tanah apabila terjadi gempa atau longsor di area tersebut. Dari data itu kemudian pemerintah dan operatol jalan Tol bisa menindaklanjuti dengan melakukan perbaikan atau perkuatan.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Abdul



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix