BNI Gandeng Kementerian Perdagangan Bina UMKM Orientasi Ekspor

10 / 11 / 2020 - in Berita

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bersinergi dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) memberi dukungan bagi pelaku UMKM khususnya yang merupakan binaan Kementerian Perdagangan Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN). Dukungan tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara kedua bela pihak.

Sis Apik Wijayanto, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI mengatakan berkaitan kerjasama tersebut para UMKM akan mendapat pembinaan, akses informasi dan ekspor, serta dukungan permodalan dari BNI sehingga UMKM dapat produktif dan terus berkembang. Pengembangan yang diharapkan tidak hanya meliput skala usaha, melainkan nilai tambah dan orientasi ekspor.

Hal ini akan menjadi titik balik positif serta memberi dampak yang luas bagi UMKM. Termasuk memberi akses kemudahan berupa produk perbanka baik pinaman (KUR) maupun layanan perbankan digital sepeti QR Cod, EDC dan lainnya. “Dengan kata lain, melalui program ini geliat UMKM dibekali capability untuk memiliki nilai tambah dan kompetitif agar dapat menembus pasar ekspor,”ucapnya dalam siaran pers (6/11).

BNI, sambungnya terus mendorong geliat UMKM dengan dukungan melalui digitalized loan process (BNI Move) yang mampu memberdayakan UMKM agar dapat naik kelas dan bernilai tambah. Berbasis data smart base system, BNI Move memberikan feed ke user aplikasi yakni tenaga pemroses BNI di seluruh nusantara.

Sehingga, proses kredit dapat tersampaikan termonitor dan dijalankan dengan baik. Sis Apik Wijayanto juga menyebutkan bahwa kerjasama tersebut merupakan sinergi dari BNI selaku BUMN yang selalu berada di samping pemerintah untuk menyuseskan program-program yang ada.

Teks: Abdul

Foto: BNI



Sponsors

 

logo-chinatrucks300 327pix