Belum kondusif, Gaikindo Jakarta Auto Week Batal Digelar Tahun Ini

13 / 10 / 2020 - in Berita

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunda pelaksanaan pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW), yang rencana sebelumnya akan digelar pada 21-29 November 2020 bergeser ke awal tahun depan.

Keputusan Gaikindo ini berdasarkan kondisi pandemi Covid-19 yang belum stabil dan kondusif, serta kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kedua di Jakarta. Hal ini berdampak pada berkurangnya waktu persiapan GJAW dan dirasa penyelenggaraannya pada akhir November nanti tidak dapat maksimal.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan bahwa Gaikindo memiliki tanggung jawab kepada pemerintah, seluruh anggotanya, dan juga kepada masyarakat untuk terus mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia melalui pameran otomotif.

“Menjadi tanggung jawab Gaikindo agar penyelenggaraan pameran ini dapat berlangsung baik, aman dan lancar. Pameran pada saat ini menjadi penting karena menandai titik kebangkitan industri otomotif Indonesia,” kata Nangoi.

Terkait penyelenggaraan GJAW yang akan digelar pada 9-17 Januari 2021 mendatang, Gaikindo telah menyusun rencana untuk memaksimalkan pemeran ini sebagai ajang untuk memperkenalkan produk kendaraan baru.

“Jika tidak ada aral melintang, Gaikindo Jakarta Auto Week akan jadi pameran otomotif pertama yang berlangsung setelah hampir semua event otomotif ditangguhkan pada 2020. Kami meyakini penyelenggaraanya akan menjadi momentum yang sangat baik dan sangat ditunggu baik dari para merek serta juga masyarakat yang pasti sudah sangat kangen dengan suasana pameran otomotif,” kata Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara GJAW.

Rizwan menjelaskan, jika kondisi pandemi Covid-19 sudah dapat diatasi dan kesehatan dan keamanan masyarakat terjamin, maka dipastikan GJAW akan dilangsungkan awal 2021 nanti. Gaikindo juga menjamin akan menjalankan protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditentukan selama pameran.

“Pameran tentu akan menjalankan protokol pengamanan Covid-19, termasuk juga meminimalkan kontak langsung,” tutur Rizwan. Menurutnya, GJAW akan menjalankan proses digital termasuk ketika pembelian tiket yang hanya akan dijual secara online.

Yohannes Nangoi menambahkan, bulan Januari adalah saat yang sangat tepat untuk menyelenggarakan pameran GJAW. “Pelaksanaan Gaikindo Jakarta Auto Week pada Januari nanti akan menjadi usaha Gaikindo di bawah arahan pemerintah, untuk mendorong industri otomotif Indonesia keluar dari masa sulit,” ujarnya.

 

Editor: Antonius
Foto: Gaikindo



Related Articles

Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix