Bahaya Flap Dari Ban Dalam Bekas

28 / 09 / 2017 - in Ask The Expert
DSC_1408 e

Ban adalah salah satu komponen kendaraan yang paling penting karena bisa berpengaruh pada keselamatan kendaraan. Ban pada kendaraan dirancang dan diproduksi dengan cara yang efektif untuk bisa memastikan keamanan dan perlindungan pengguna secara keseluruhan. Sayangnya, ada pihak atau personal tertentu yang menyalahgunakan ban yang tidak memenuhi standar keselamatan. Salah satunya adalah pengunaan flap. Apa itu flap, dan mengapa itu penting?

Ivan Setiawan, Direktur PT Sarana Jaya Serbaguna membuka penjelasan mengenai flap dan ban dalam. Ban dalam sangat penting untuk performa kaki kaki yang tepat. Flap juga memiliki fungsi melindungi ban dalam agar terjaga dari pengaruh velg.

Bagaimana flap bisa gagal berfungsi. “Seperti kita ketahui, material velg truk ada alumInium dan besi. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang mudah berkarat dan mudah panas. Tugas dari flap adalah mengurangi efek panas dari velg yang mungkin saja dihantarkan ke ban dalam. Velg sudah panas, flap tidak tahan dan akhirnya sobek. Kondisi ban dalam saat itu sangat berbahaya sekali,” jelas Ivan.

Kegagalan fungsi flap ada beberapa sebab. Misalnya kurang perawatan atau flap yang sudah kadaluarsa. Kesalahan paling umum terjadi adalah flap yang dibuat sendiri dari ban dalam bekas. “Hal ini berbahaya sekali, ban dalam itu dipotong dijadikan flap. Sekali lagi saya jelaskan ini sangat berbahaya sekali. Ban dalam itu kira-kira ada yang tebal cuma 2 mili. Dan flap ini lebih tebal dari ban dalam. Saat orang membuat flap sendiri dari ban dalam bekas bisa dua lapis, sampai tiga lapis. Waktu lem yang merekatkan lapisan tadi bisa saja saat jalan ada pergeseran dan ban dalam bisa masuk ke velg. Ban dalam bisa meledak yang mengakibatkan kecelakaan,” tegasnya.

Mengulas mengenai fenomena flap dari ban dalam bekas, Ivan menegaskan bahwa. Flap yang baik memiki ukuran dan material yang memang diperuntukkan melindungi ban dalam dalam dari kerusakan. Sehingga penggunaan ban dalam bekas sebagai flap merupakan langkah awal menuju permasalahan yang lebih besar seperti ban dalam meledak dan kecelakaan.

Teks : Sigit A

Foto : Giovanni V



Sponsors