Ayaxx Si Pembuat Kendaraan Taktis Pemadam Kebakaran

21 / 02 / 2016 - in Berita

Kendaraan taktis lapangan seperti mobil pemadam kebakaran, dirancang secara khusus agar mampu berjibaku dengan kobaran api saat kebakaran terjadi di satu lokasi terutama di outdoor. Anda mungkin belum banyak tahu, jika basic dari special vehicle ini menggunakan sasis dari beberapa merek truk yang ada di pasaran lokal Indonesia. Seperti Hino, Isuzu, MAN, Mercedes-Benz, Mitsubishi, Nissan (UD Truck), Scania, Toyota maupun Volvo.

Perusahaan manufaktur rancang-bangun kendaraan pemadam kebakaran ini, sejatinya belum banyak di Tanah Air. Salah satu pemain besarnya adalah PT Pundarika Atma Semesta (PAS) dengan brand Ayaxx yang berdiri sejak tahun 1996.

Menurut David Hermawan, Presiden Direktur PAS, pihaknya memang sejak awal fokus menggeluti dunia safety termasuk memroduksi mobil pemadam kebakaran ini. “Core business kami saat ini sebagai manufaktur mobil pemadam kebakaran, instalasi hydrant dan sistem alarm, serta distributor berbagai peralatan safety dan fire pump,” urai David yang sempat bertemu TruckMagz di gelaran IIMS 2015 lalu, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Saat itu, brand Ayaxx ikut serta meramaikan pameran otomotif tahunan skala internasional tersebut. Label Ayaxx sendiri merupakan nama dagang karoseri dari PAS yang sudah dipatenkan di Indonesia. Menurut David, strategi bisnis yang dilakoninya selama ini untuk tetap eksis di industri manufaktur, terlebih untuk pembuatan special vehicle semacam mobil pemadam kebakaran ini, mengedepankan kualitas berstandardisasi tinggi.

Seluruh mobil pemadam kebakaran hasil racikan karoseri Ayaxx ini menggunakan komponen fire truck dengan kualitas premium, sudah melalui standar uji dan pengetesan produk maupun assembly, dan selalu mengedepankan layanan after sales service ke seluruh pelanggannya.

Layaknya pabrikan otomotif skala besar, karoseri Ayaxx juga sudah mengantongi standardisasi kualitas manufaktur ISO 9001 : 2008 , ISO TS 16949 : 2009 , ISO 18001 : 2007 , ISO OHSAS , NFPA standart. “Bisa dibuktikan dari proses manufaktur di factory kami di daerah Cicadas Bogor, sudah menggunakan peralatan yang didukung sistem komputerisasi dan robotik. Kami selalu menggunakan komponen seperti fire pump dari produk WS Darley dari Amerika Serikat dengan standardisasi ISO 9001 dan UL,” urai David.

Saat ini konsumen Ayaxx tak sebatas dari dinas pemadam kebakaran milik pemerintah daerah (Pemda) maupun bandar udara di berbagai provinsi Tanah Air, namun pelanggan juga datang dari perusahaan swasta nasional maupun PMA seperti PT Chevron dan PT Newmont Nusa Tenggara.

Teks : Antonius S

Foto : Ayaxx



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix