Temukan Penyebab Kebocoran Kabin Truk

03 / 11 / 2021 - in Tips & Trik

Masuknya air ke dalam kabin bisa lebih dari sekadar gangguan, karena kebocoran dapat menyebabkan kerusakan pada kendaraan itu sendiri. Jika dibiarkan, air menyebabkan jamur dan jamur terbentuk di atas dan di bawah alas hingga menyebabkan karat pada lantai dan komponen lainnya. Jika air ini sampai masuk ke sistem kelistrikan, dapat menyebabkan korsleting dan kerusakan lain.

Choirul Anam Kepala Bengkel Putra Minang menjelaskan, kebocoran kabin bisa sangat sulit ditemukan. “Seringkali munculnya air di dalam mobil tidak dekat dengan tempat masuknya air. Air dapat masuk ke dalam kendaraan dan mengalir melalui celah di bodi atau interior sebelum akhirnya terlihat di titik genangan,” bukanya.
Banyak proses untuk menemukan kebocoran. Penting untuk memulai dengan memeriksa di mana air itu muncul. “Tentukan apakah air hanya ada saat hujan ringan atau hanya terjadi jika hujan deras. Periksa juga apakah kebocoran muncul ketika truk berjalan atau truk parkir,” tambahnya.

Kebocoran biasanya meninggalkan tanda. Seperti lantai atau karpet yang basah. Banyak kebocoran menyebabkan air menjadi keruh yang merupakan endapan yang tertinggal. Indikator lainnya adalah karat di bagian dalam kabin. Karat tidak akan muncul kecuali bagian dalam kendaraan basah. Semakin banyak informasi yang diketahui kapan kabin mulai bocor dan dalam kondisi apa bocor, semakin mudah untuk menentukan dengan tepat apa penyebabnya.

Penyebab Kebocoran
Banyak faktor yang dapat menyebabkan kebocoran di dalam kabin truk. Beberapa karena usia kendaraan, dan yang lain karena perbaikan yang tidak sempurna, seperti pemasangan kaca depan aftermarket yang tidak terpasang dengan baik atau penambahan aksesori aftermarket.

Kaca depan
Jika kaca depan baru saja diganti, kemungkinan besar bisa jadi penyebabnya. Penggantian kaca depan yang tepat membutuhkan rangkaian proses yang panjang. “Jika urutan yang digunakan sembarangan, kaca tidak terpasang dengan benar. Karena cairan urethane membutuhkan waktu untuk mengering, dan truk tidak boleh dikendarai selama beberapa jam setelah kaca depan dipasang. Jangan gunakan silikon untuk menutup sambungan kaca depan yang bocor, karena akan mempengaruhi kinerja sealant,” jelasnya.

Seal pintu
Area kedua yang paling mungkin adalah di seal pintu. Jika karet mulai mengeras, tandanya karet mengering, dan bisa retak. Selain itu, seal pintu bisa sobek dan menjadi jalur air masuk ke kabin. Masalah lain adalah perbaikan pintu setelah kecelakaan. Beberapa kecelakaan menyebabkan bodi dan rangka kendaraan melengkung. Meskipun bengkel bodi sudah mencoba membuat pintu terlihat seperti baru, tetapi ada beberapa sudut yang penyok dan tidak bisa kembali sempurna. Dengan ini bisa meninggalkan celah di karet pintu yang tidak terlihat.

Aksesoris
Jika kebocoran terjadi setelah pemasangan aksesori baru di bagian luar kendaraan, kemungkinan besar pemasangan tersebut menjadi penyebabnya. Jika lubang tidak ditutup dengan benar, air dapat merembes ke dalamnya.

Korosi
Beberapa model kabin truk memiliki kecenderungan berkarat di atas kaca depan dan jendela. Untuk perbaikan ini, kaca harus dilepas. Hilangkan karat yang terlihat, pastikan juga diampelas halus dan dicat ulang.

Menemukan penyebab kebocoran di dalam kabin truk memang bukan hal mudah karena lubang masuknya air mungkin bukan di tempat air terlihat. Mungkin perlu melepas panel trim interior untuk memeriksa akses ke bodi dan melihat dari asal kebocoran.

Editor : Sigit



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix