Astra UD Trucks Andalkan Kuzer untuk Penetrasi Pasar e-Commerce

23 / 08 / 2019 - in News

Tren perdagangan online atau e-commerce menjadi celah tersendiri bagi produsen truk di Indonesia. Astra UD Trucks sebagai distributor resmi UD Trucks di segmen on road, sudah mempersiapkan senjata untuk penetrasi pasar e-commerce melalui varian Kuzer.

Menurut CRM and CS Dept. Head Astra UD Trucks, Budi Rudianto, Kuzer memang secara spesifik juga diarahkan untuk mendukung bisnis e-commerce. “Dari bisnis e-commerce ini kan penggunanya lebih fokus melihat dari sisi kubikasi dari kargo yang mereka bawa. Sementara Kuzer dengan dimensi lebih lebar dibandingkan kompetitor sekelasnya, itu bisa dapat kubikasi lebih namun tetap sesuai regulasi. Pada akhirnya secara hitungan bisnis pengusaha, keuntungannya ada di kelebihan kubikasinya itu tapi tetap sesuai regulasi,” kata Budi.

Dari sisi safety, kata Budi, juga lebih stabil karena lebarnya plus lima sentimeter di kanan-kiri sesuai regulasi, akan membuat kendaraan lebih stabil dan muatannnya akan lebih aman. “Angkutan e-commerce umumnya tidak terlalu berat tapi volume barangnya yang lebih banyak, itu yang kami sasar dengan Kuzer,” ujarnya menambahkan.

Untuk masalah perawatan, Astra UD Trucks punya program Kontrak Service. Dua tahun pertama kendaraan itu dipakai atau sampai 60.000 kilometer (km), mana yang lebih dulu tercapai, itu masih free service yang mencakup free biaya jasa, spareparts, dan bahan.

“Tahun berikutnya kami tawarkan renewal per 60.000 km atau dua tahun secara full untuk program Kontrak Service, dengan membayar di awal sekitar Rp 15 juta (Quester Rp 20 jutaan) untuk periode berikutnya sampai 60.000 km atau dua tahun ke depan. Jadi pengusaha bisa fokus pada bisnisnya, sementara perawatan kendaraannya serahkan ke kami,” ujar Budi. Ia menambahkan, pihaknya menawarkan Kontrak Service lanjutan supaya pelanggan tidak perlu lagi investasi mekanik baru, atau tidak harus pusing mencari spareparts bagi customer yang sudah punya mekanik

 

Editor: Antonius
Foto: Anton

 



Related Articles

Sponsors

AFFA-logisticsphotocontest 

Capture 

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix