Askarindo Optimis Industri Karoseri Nasional Kembali Bergairah

26 / 01 / 2017 - in News

Membaiknya iklim bisnis di berbagai sektor di tahun 2017 bangkitkan kepercayaan diri industri karoseri nasional. Gairah di berbagai sektor bisnis tersebut, terutama di sektor mining, diprediksi bakal mendongkrak permintaan karoseri.

Ketua Umum Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo) Sommy Lumadjeng mengatakan, kondisi di awal tahun 2017 ini bakal berbeda dengan empat tahun sebelumnya, dimana permintaan karoseri menurun akibat harga batubara dan sawit menurun.

”Sebelumnya, waktu harga tambang masih bagus, semua berlomba-lomba untuk membuat karoseri dump truck dari yang kecil hingga besar. Begitu juga dengan perkebunan sawit yang mulai membaik juga mendorong permintaan karoseri dump truck,” kata Sommy pada konferensi pers Indonesia International Bus & Truck (IIBT) di Jakarta, Kamis (24/Jan).

Menurut Sommy, permintaan karoseri dump truk untuk sektor perkebunan juga meningkat sejak harga sawit membaik. Sedangkan untuk permintaan karoseri bus relatif stabil di tiap tahun. ”Untuk bus, terutama Trans Jakarta adalah pembeli terbesar kami. Karena dua tahun lalu mereka belanja 1000 karoseri kepada kami, tahun lalu belanja 600, dan tahun ini akan belanja 2000,” katanya.

Ketua Umum Askarindo juga menyampaikan bila pihaknya sangat mendukung upaya pemerintah memperbaiki sektor kereta api. Karena, upaya tersebut dapat menjadi peluang tersendiri bagi industri karoseri. Menurutnya, kebutuhan karoseri untuk bis atau pun kereta itu sama dan yang membedakan hanya pada ukuran saja. Ia pun mengungkapkan bila di tahun ini Askarindo akan lebih fokus mempromosikan diri, terutama dalam hal kapasitasnya sebagai asosiasi yang menaungi perusahaan-perusahaan karoseri di Tanah Air.

”Karena kami masih sering bertemu customer, bahkan dari pemerintah masih belum paham karoseri itu apa. Kami akan memberikan penjelasan mengenai hal itu kepada customer di momentum IIBT nanti agar pemain baru di bisnis angkutan mengenal kami,” paparnya.

Sommy berharap, pemerintah terus memberikan dukungan penuh kepada industri karoseri dengan membuat kebijakan-kebijakan yang dapat memperbaiki iklim bisnis. Ia juga berharap agar dari sekian banyak regulasi yang dibuat oleh pemerintah efeknya bisa saling terkait dan snow ball-nya bisa saling terkait ke industri karoseri. ”Apabila melihat kondisi di tahun ini untuk semua moda transportasi, kami optimis industri karoseri akan tumbuh dibanding tiga sampai empat tahun lalu,” ujarnya.

 

Teks: Citra
Editor: Antonius
Foto: Pebri



Related Articles

Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix