Arus Petikemas Triwulan 3 Terminal Teluk Lamong Meroket

05 / 12 / 2017 - in News
landscape_TTL_800

PT Terminal Teluk Lamong ( TTL ) semakin menunjukkan tren produksi yang positif setelah dua setengah tahun beroperasi.  Sampai dengan triwulan tahun 2017 ini, arus produksi petikemas di TTL mencapai 340,592 TEUs. Meningkat 99,6 persen  dibanding dengan produksi tahun sebelumnya, yaitu sebesar 170,597 TEUs pada periode yang sama. Peningkatan yang signifikan terlihat pada arus petikemas domestik. Berbeda dengan hasil kinerja semester I tahun 2017 yang lebih signifikan pada arus petikemas internasional. Tahun 2016, pada triwulan ketiga, arus petikemas domestik TTL sebesar 73,377 teus. Sedangkan pada triwulan tahun ini, mencapai sebesar 149,781 teus. Terjadi peningkatan produksi sebesar 104,2 %.  Pada arus petikemas internasional juga terjadi kenaikan produktivitas sebesar 96,2 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Khususnya arus produksi petikemas domestik, salah satu pengguna jasa bahkan menambah volume produksi layanan sebesar 110 persen dalam kurun waktu satu bulan. Selain petikemas, terminal tercanggih dan ramah lingkungan pertama di Indonesia ini, juga melayani jasa bongkar curah kering, khusus untuk komoditi pakan dan pangan.

Saat ini, TTL berada pada pengembangan terminal tahap kedua. Pengembangan fasilitas  curah kering (conveyor, silo dan flat storage ) dan perluasan lapangan penumpukan, dari semula lima blok menjadi sepuluh blok. Sesuai dengan konsep ramah lingkungan, fasilitas curah kering TTL dilengkapi dengan dua jalur conveyor belt dengan kapasitas 2500 ton per jam per belt. Komoditasnya pun khusus hanya melayani food dan feed grain, agar tetap ramah lingkungan. Selain itu, fasilitas penyimpanan berupa silo dan flat storage tahap satu juga telah siap digunakan.

Rumaji, Direktur Operasi TTL menyampaikan bahwa pertumbuhan kapal curah kering yang sandar di TTL begitu signifikan. “ Tahun lalu, satu call per dua bulan. Sekarang, konsisten di dua call per bulannya,“ ujar Rumaji. Kontribusi TTL sebagai pioneer dalam modernisasi pelabuhan dengan sistem otomasi yang canggih dan modern, TTL dijadikan benchmark destination bagi pelabuhan dari dalam dan luar negeri.

Editor : Sigit A

Sumber : Pelindo III



Sponsors