Aptrindo: Kami Butuh Dibantu Meremajakan Truk

06 / 02 / 2019 - in News
Peremajaan Truk

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) masih berharap pemerintah membantu pengusaha angkutan meremajakan armada truk. Harapan tersebut disampaikan saat diskusi grand design Sistem Logistik Nasional dan tantangan yang dihadapi pelaku usaha logistik, diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) di Jakarta, Rabu (6/Feb/2019).

Wakil Ketua Umum I Bidang Organisasi Keanggotaan dan Pengembangan Usaha DPP Aptrindo, Nofrisel mengatakan, peremajaan truk masih menjadi kebutuhan utama pengusaha truk hari ini. Menurut dia, sampai hari ini perusahaan di bawah naungan Aptrindo telah mengelola 5000-7000 truk di seluruh Indonesia. ”Kami butuh standarisasi yang lebih baik dalam hal angkutan. Di samping ada organic policy dari internal pengusaha truk sendiri, kami juga butuh instrumen dari pemerintah, di antaranya adalah stimulus di bidang perpajakan agar dapat melakukan reinvestasi,” katanya.

Nofrisel mengaku, kondisi perusahaan angkutan di Indonesia belum stabil. Untuk itu pihaknya, butuh dukungan pemerintah agar kami bisa stabil dalam jangka panjang. ”Kami ingin, bukan hanya NPL saja yang turun, tapi kami ingin lebih dibantu dalam hal kemudahan mendapatkan kendaraan yang baik yang berstandar,” tuturnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan keluhan terkait penganaktirian truk termasuk pengangkut bahan pangan ketika hari-hari libur nasional. Menurutnya, tiadanya prioritas pada angkutan pengangkut bahan pangan dapat berdampak serius pada masyarakat dan perekonomian.

Pada kesempatan yang sama, Menko Perekonomian, Darmin Nasution mengaku belum dapat memutuskan mana yang lebih dulu prioritaskan. Pasalnya, apa yang dipaparkan asosiasi pada pertemuan tersebut masih akan dipelajari dan dikomunikasikan dengan berbagai lembaga dan kementerian terkait.

”Kemenko perekonomian berfungsi dalam menjahit dan menjadi konfigurasi semua pihak sehingga logistik Indonesia lebih efisien. Kami memang belum bisa menjawab terkait realisasi, tapi kami sudah  mengidentifikasi permasalahan yang ada menurut berbagai asosiasi. Dari sini, kami akan putuskan sehingga bisa dilihat kebijakan yang tepat, terutama dalam mendorong ekspor-impor,” kata Darmin.

 

Teks: Citra
Editor: Antonius
Foto: Citra



Related Articles

Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix