Aptrindo Jateng & DIY Buka Suara Perihal Penyesuaian Tarif Jalan Tol

07 / 10 / 2019 - in News

Mengutip pernyataan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada CNBC Indonesia pada Jum’at ( 4/11) bahwa setelah tanggal 20 Oktober akan ada sosialisasi penyesuaian tarif untuk beberapa ruas jalan tol. “Awalnya rencana sosialisasi penyesuaian tarif tol tersebut akan dilaksanakan pada 1 Oktober lalu, namun Basuki beranggapan agar tidak terjadi polemik dan kegaduhan sebelum pelantikan presiden,” kata Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia ( Aptrindo ) Jateng & DIY Bambang Widjanarko

Menanggapi hal itu Bambang Widjanarko berkomentar, “Sebenarnya pemerintah kurang bijak, jika tarif tol yang saat ini dirasa sudah terlalu tinggi masih akan dinaikkan lagi. Lebih baik saat ini pemerintah berkonsentrasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat pengguna jalan tol. Sampai saat ini kan masyarakat pengguna jalan tol masih sering dirugikan dengan adanya kemacetan akut di beberapa ruas jalan tol dan kurangnya sarana dan prasarana penunjang keberadaan jalan tol. Nah ini, pengerjaan di beberapa ruas jalan tol trans Jawa pun belum rampung sepenuhnya, produk masih bersifat setengah matang, masih banyak yang harus dibenahi disana-sini, belum ada peningkatan pelayanan bagi penggunanya, manfaat masih dalam pengkajian atau belum begitu dirasa. Belum apa-apa tarifnya sudah mau dinaikkan,” tambahnya.

“Kata Menteri Basuki pengusaha truk dihimbau agar mulai menggunakan jalan tol, kami sedang mulai uji coba dan kalkulasi untung ruginya. Truk-truk kami kan untuk usaha, bukan untuk plesiran. Jadi apa pun yang dikonsumsinya harus dianggap sebagai komponen biaya yang harus dihitung dengan cermat, jika ingin tetap bisa bertahan dalam persaingan yang semakin ketat,” tegas Bambang.

Bambang menambahkan, “Kalau begini caranya, lebih baik truk tidak menggunakan jalan tol saja, toh sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk tetap tidak melupakan melakukan pemeliharaan jalan arteri, walaupun sudah ada jalan tol. Bukannya memberikan insentif bagi dunia trucking yang sudah terbukti sekian lama menjadi tonggak pembangunan nasional, pemerintah malah terkesan tidak pernah memikirkan nasib dunia trucking di Indonesia,” Bambang menutup komentarnya.

Oleh

BAMBANG WIDJANARKO
Wakil Ketua Aptrindo Jateng & DIY

Editor : Sigit A



Sponsors

NEW_327X300_

AFFA-logisticsphotocontest 

Capture 

logo-chinatrucks300 327pix