Apresiasi Presiden Jokowi untuk Pengemudi Truk

17 / 03 / 2019 - in Berita

Pengemudi truk merupakan profesi mulia di mata Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pasalnya, ayah dari Presiden Jokowi pernah menjalani rutinitas sebagai sopir truk. Hal ini diungkapkannya di acara Deklarasi Pengemudi Truk Sebagai Pelopor Keselamatan di area JICT Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (17/Mar/2019).

“Almarhum bapak saya dulu itu pernah jadi sopir truk. Kenapa saya katakan pengemudi truk sebagai profesi mulia, karena dari situlah saya bisa sekolah. Dari profesi pengemudi ini bisa memberikan kehidupan keluarga yang lebih baik,” kata Presiden di acara yang digagas oleh Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) itu.

Presiden menegaskan bahwa profesi sopir truk patut diapresiasi tinggi, karena berkat kerja keras pengemudi angkutan barang maka masyarakat bisa menikmati barang-barang kebutuhannya sehari-hari. “Pengemudi itu profesi mulia karena mereka membawa barang dari satu tempat ke tempat lain untuk kebutuhan masyarakat. Kalau misalnya pengemudi tidak mau mengangkut beras, mau makan apa orang Jakarta? Ini baru satu contoh, belum produk lainnya,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Di hadapan ribuan pengemudi truk dari berbagai wilayah di Indonesia, Presiden Jokowi berpesan untuk tetap mengutamakan aspek keselamatan berkendara. “Meskipun sudah dideklarasikan, saya minta betul-betul menjaga keselamatan kita semuanya. Jangan sampai ada pengemudi ngantuk sambil nyetir karena itu sangat fatal,” ujar Presiden Jokowi.

Deklarasi pengemudi truk sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas ini sejatinya telah digelar oleh Aptrindo untuk kedua kalinya. “Gerakan ini pernah kami adakan sebelumnya pada bulan Maret 2017. Untuk memaksimalkan komitmen atas keselamatan ini maka kami anggap perlu untuk melakukan lagi pada Maret 2019 dengan melibatkan stakeholder, pengusaha dan pengemudi, dan mengundang Presiden RI Bapak Joko Widodo dan Menteri Perhubungan RI Bapak Budi Karya Sumadi,” kata Kyatmaja Lookman selaku panitia deklarasi kali ini.

 

Editor: Antonius
Foto: Aptrindo



Related Articles

Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix