Apakah Benar Ban Vulkanisir Lebih Hemat Lebih Baik?

30 / 09 / 2021 - in Berita, Tips & Trik

Alasan pertama menggunakan ban vulkanisir adalah harganya yang lebih murah dari ban baru. Kedua, ban vulkanisir memiliki masa pakai yang kurang lebih sama dengan ban baru. Untuk alasan kedua tidak sepenuhnya benar.

Agus Indaryanto General Manager PT Naga Surya memberikan tips berdasarkan pengalamannya menggunakan ban vulkanisir agar efisiensi tercapai. “Pertama kali jika sudah memutuskan untuk menggunakan ban vulkanisir pilih bahan bakunya. Biaya jasa ini termasuk di harga tapak ban juga, sehingga perlu cermat memilihnya. Jangan memilih tapak ban yang terlalu murah karena akan sia sia jika kita memiliki ban dasar yang bagus. Jika ban vulkanisir yang gradenya terlalu bawah, di Naga Surya bisa-bisa tidak sampai satu bulan ban itu sudah mengelupas,” terangnya.
“Jadi efisiensi menggunakan ban vulkanisir bukan serta merta kita pilih ban lalu muncul penghematan. Tapi pemilihan ban vulkanisir itu juga menentukan. Jika pabrik ban vulkanisir yang bagus. Mereka juga menjaga kualitas produk dengan baik, tentu pengerjaannya tidak akan sembarangan. Intinya pemilihan tapak ban ini ada gradenya. Pastinya harga ini mempengaruhi kualitas,” tambah Agus.
“Jika memilih membeli ban vulkanisir dan bahan baku bukan dari perusahaan kita, lebih baik diperiksa dulu. Karena ban dasarnya bisa menipu. Bisa saja ban dasarnya sudah cacat, berlobang atau lebih parahnya sudah teriris benangnya. Jika seperti itu pasti akan terjadi sesuatu yang buruk kedepannya. Pabrik ban vulkanisir bisa bisa saja memoles ban tadi sedemikian rupa sehingga tampak bagus,” ucap Agus.

Jika ingin menggunakan ban vulkanisir lebih bijak, ban dasarnya milik sendiri. “Memang kita bayar jasa vulkanisirnya saja. Tapi di nilai jasa itu kan termasuk tapak ban baru. Disitu akan kelihatan ban vulkanisir akan bagus atau tidak. Ingat, ini saya bicara diluar kualitas produksi ya. Mudahnya seperti ini, pada saat akan vulkanisir saya sortir dulu kelaikannya, baru dikirim ke pabrik ban vulkanisir. Jadi ban yang akan diproses vulkanisir kami jaga dengan baik. Pada akhirnya penggunaan ban vulkanisir cukup membantu biaya operasional perusahaan,” pungkasnya.

Editor : Sigit

Foto : Truckmagz



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix