ALFI Minta Penambahan Jalur Kereta Api di Sumatera

19 / 01 / 2016 - in News

Tingkat kerawanan kejahatan di bidang logistik yang masih tergolong tinggi, membuat para pelaku bisnis di sektor ini kian merasa terbebani. Seperti diungkapkan Yukki Nugrahawan Hanafi, Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), yang menyebut bahwa aksi bajing loncat alias kejahatan jalanan berupa pembajakan kendaraan angkutan, khususnya pengangkut sembako dan sayur-mayur, relatif masih terbilang tinggi terutama di wilayah Sumatera (Trans Sumatera) termasuk Pantai Utara Jawa (Pantura).

Untuk itu, Yukki meminta seluruh pengusaha trucking untuk meningkatkan pengawasan menggunakan sistem logistik yang andalkan teknologi terbaik saat ini. Menurut Yukki, kondisi kerawanan ini sangat dipengaruhi minimnya infrastruktur di jalur Sumatera maupun lintas Pantura. “Daerah yang kondisi infrastrukturnya belum menunjang kegiatan logistik itu ada di Sumatera dan Pantai Utara Jawa,” tambahnya.

Minimnya infrastruktur seperti penerangan jalan akan memudahkan aksi pembajakkan dan sulit terdeteksi oleh masyarakat sekitar. Selain itu, menurut Yukki, kegiatan logistik juga perlu ditunjang dengan aspek pendukung lain seperti jalur angkutan cepat lewat darat menggunakan kereta api. Minimnya jalur kereta api di Sumatera juga membuat pelaku logistik lebih sulit dalam mengirimkan barang dengan lebih cepat dan aman.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan berjanji akan membangun jalur kereta api termasuk sarana penunjangnya di seluruh wilayah Sumatera. Seperti Trans Sumatera yang akan menghubungkan wilayah Aceh, melintasi Sumatera Barat, hingga Sumatera Selatan. “Nanti semuanya akan diupayakan selesai pada 2018,” janji Jonan.

Dalam penandatanganan kontrak paket kerja strategis tahun anggaran 2016, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) telah menyepakati pembangunan jalur kereta api di wilayah Sumatera Utara, dengan kontraktor PT Tiga Putra Mandiri Jaya selaku pengembangnya.

Teks :Antonius S

Sumeber foto bumn.go.id



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix