ALFI Imbau Grand Design Sislognas Dilakukan Bertahap

07 / 02 / 2019 - in News
ALFI

Sistem Logistik Nasional (Sislognas) yang sejatinya telah disusun sejak 2008 hingga 2012 oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), kembali diangkat melalui grand design Sislognas. Terkait hal tersebut, Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) menitikberatkan  pada kinerja logistik nasional berbasis ketepatan dan kecepatan.

Ketua Umum ALFI, Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan, logistik yang berbasis ketepatan dan kecepatan mengacu dari konsep economic of skill menjadi economic of speed. “Semuanya menjadi just in time dan serba cepat dan ingin punya standar servis yang baik untuk semua jenis kegiatan, baik itu di bidang industri, perdagangan, pertanian, perikanan, peternakan, maupun oil and gas. Semua itu tidak terlepas dari logistik,” kata Yukki, Kamis (7/Feb/2019).

ALFI, menurut Yukki, melihat sektor logistik semakin hari semakin penting. “Salah satunya jelas disampaikan oleh pemerintah bahwa salah satu upaya menaikkan daya saing Indonesia dengan membuat logistik yang semakin efisien dan semakin efektif,” ujarnya.

Pemerintah sendiri telah merilis Paket Kebijakan Ekonomi ke-15 pada pertengahan tahun 2017 lalu, yang berfokus pada perbaikan sistem logistik nasional demi mempercepat pengembangan usaha dan daya saing penyedia jasa logistik nasional. Terkait sistem logistik nasional, Yukki menjelaskan bahwa pihaknya sejak awal telah menyampaikan bila logistik ini merupakan suatu hal yang sangat dinamis.

“Jadi sistem logistik nasional harus secara terus-menerus disempurnakan. Saya menyambut baik niat dari Kemenko Perekonomian yang akan membuat grand design Sislognas ini, tapi dengan catatan harus ada target ke depannya yang ingin dicapai. Jangan semuanya mau digarap, bertahap tetapi dampaknya bisa bermanfaat untuk seluruh stakeholders di logistik,” ujarnya.

Yukki juga optimistis bahwa kinerja logistik Indonesia akan semakin meningkat ke depan. “Saya berharap logistics performance index (LPI) Indonesia bisa masuk 30 besar dunia. Asumsi saya, kalau LPI Indonesia masuk di 30 besar dunia maka saya pastikan di ASEAN kita akan menjadi nomor tiga,” katanya.

 

Editor: Antonius
Foto: Dok. TruckMagz



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix