Abvindo Gelar Rapat Tahunan Kedua di Solo

13 / 03 / 2019 - in News
abvindo

Asosiasi Perusahaan Ban Vulkanisir Indonesia (Abvindo) mengadakan Rapat Tahunan di Hotel Aston, Solo, Jawa Tengah dihadiri sekitar 112 peserta dari 45 perusahaan ban vulkanisir. Mengusung tema ‘Bersama Abvindo, Kita Tingkatkan Kualitas Industri Ban Vulkanisir’, agenda tahunan ini merupakan Rapat Tahunan kedua Abvindo.

“Sepanjang tahun 2018, kita menyoroti soal penindakkan oleh aparat terhadap salah satu anggota Abvindo karena dianggap produknya tidak berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia). Menindaklanjuti peristiwa tersebut, Abvindo kemudian menemui Kementerian Perindustrian guna meminta penegasan tentang aturan,” ujar Jessica Kuesar, Ketua Umum Abvindo. Dari hasil pertemuan diketahui bahwa aturan standar SNI untuk ban vulkanisir ternyata bersifat sukarela, bukan wajib. Terkait penggunaan ban vulkasir pada kendaraan komersial telah diperbolehkan sejak awal tahun 2017. Menurut Jessica, kebijakan tersebut ada hasil melakukan lobi Abvindo dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubdat) yang bertemu membahas pelarangan penggunaan ban vulkanisir.

Sorotan lain yang menjadi perhatian Abvindo pada 2018 adalah memenuhi permintaan Ditjen Hubdat tentang Good Manufacturing Process (GMP). GMP merupakan standar terhadap proses produksi ban vulkanisir yang menjamin kualitas produk. Saat ini skema GMP masih dalam penyusunan dengan melibatkan Direktorat Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil Kementerian Perindustrian.

“Melihat hasil rapat tahunan pertama dan terkait GMP kita menangkap Kementerian Perindustrian sangat mendukung industri ban vulkanisir,” ucapnya. Abvindo sendiri mengadakan Rapat Tahunan pertama pada 23 Januari 2018 di Semarang, Jawa Tengah. Dihadiri 88 perusahaan ban vulkanisir Rapat Tahunan diselengi dengan acara diskusi menghadirkan pembicara dari Kementerian Perindustrian membahas perkembangan industri ban vulkanisir.

Sebagai informasi, lahirnya Abvindo bermula dari pertemuan 44 perusahaan ban vulkanisir di Surabaya pada 11 Oktober 2016 di Surabaya. Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan untuk membentuk asosiasi yang mewadahi perusahaan ban vulkanisir.

Teks dan Foto : Abdul
Editor : Sigit



Sponsors

NEW_327X300_

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix