Truk Barang Bebas Melintas di Jakarta Jelang Libur Imlek

06 / 02 / 2016 - in News

Menghindari keluhan sebagian besar pengusaha truk di Jakarta dan daerah penopang Ibukota (Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang), Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tidak akan memberlakukan pembatasan jam operasional alias bebas melintas bagi kendaraan truk barang, baik di ruas tol dalam kota maupun di jalur arteri menjelang libur Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Senin (8/Feb).

Hal ini ditegaskan oleh Kombes Risyapudin Nursin, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya. Menurut Risyapudin, kebijakan ini diberlakukan mulai Sabtu (6/Feb) pukul 00.00 WIB dan akan terus memantau serta mengatur arus lalu lintas untuk truk terutama jika tiba-tiba terjadi kemacetan parah.

Koordinasi telah dilakukan pihak Dirlantas Polda Metro Jaya dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Seperti dijelaskan oleh AKBP Valentino Tatareda, Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya. “Mengingat pelarangan jam operasional truk akan berdampak pada pendistribusian barang dan tentunya berimbas pada perekonomian, maka dari itu sesuai hasil koordinasi dengan Kemenhub, kendaraan angkutan truk tidak dilarang beroperasi di Jakarta dan akan disesuaikan dengan tingkat kemacetan arus lalu lintas di lapangan,” urai Valentino di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (5/Feb).

Valentino juga menambahkan, pihaknya akan terus memantau keberadaan truk di seluruh ruas jalan di Jakarta selama libur panjang jelang Imlek tahun ini. Jika ada indikasi kemacetan parah seperti saat menjelang liburan Natal dan akhir tahun 2015 lalu, Dirlantas Polda Metro Jaya akan segera bertindak cepat dengan jalan memasukkan truk ukuran besar ke kantong-kantong parkir di Pelabuhan Tanjung Priok.

Teks dan Foto : Antonius S



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix