64 Quester Series Dipercaya untuk Peremajaan Angkutan BBM Pertamina

07 / 03 / 2020 - in Berita

UD Trucks sebagai rebranding dari Nissan Diesel sudah memiliki segmen pasar tersendiri di kelasnya, seperti varian Quester yang bermain di kelas medium-heavy duty. Pelanggan setianya pun tak main-main, mulai dari transporter kargo umum hingga perusahaan angkutan khusus bahan bakar minyak (BBM).

Pada kesempatan GIICOMVEC 2020, Astra UD Trucks selaku main distributor UD Trucks bersama UD Astra Motor Indonesia (UD-AMI) selaku prinsipal UD Trucks di Indonesia, melakukan serah terima 64 unit Quester kepada PT Trans Migasindo yang merupakan pelanggan loyal Astra UD Trucks lebih dari 15 tahun.

Trans Migasindo sendiri adalah transporter di bidang distribusi dan pemasaran BBM serta LPG. Korporasi ini juga menjadi mitra kerja PT Pertamina dalam pendistribusian BBM dan LPG di area Pulau Jawa dan Bali, serta memasarkan BBM dan LPG ke seluruh SPBU/SPBE yang dimiliki grup perusahaan.

Tentunya pertimbangan utama Trans Migasindo dalam pemilihan armada transportasi BBM, sangat terkait aspek safety dan efisiensi. Pasalnya, aspek safety menjadi mandatory dalam bisnis transportasi oil and gas di seluruh dunia, termasuk dalam pendistribusiannya sampai ke SPBU.

“Quester GKE 280 ABS punya fitur anti-lock braking system (ABS) yang berfungsi untuk memastikan stabilitas dan keamanan. Selain itu, unit yang sudah siap dengan biodiesel B30 dan pemakaian bahan bakar yang lebih efisien, menjadi pertimbangan utama memilih GKE 280 ABS sebagai peremajaan unit transportasi Pertamina,” kata Juan Tarigan, Direktur Utama Trans Migasindo di Jakarta Convention Center, Jumat (6/Mar/2020).

“Sesuai dengan tema GIICOMVEC 2020, yaitu Indonesia menuju nol kematian pada transportasi darat, Quester GKE 280 ABS dilengkapi sistem pengereman yang lebih aman sebagai standar untuk angkutan tangki BBM dan LPG,” kata Valerie Muyard, Presiden Direktur UD-AMI.

Selain itu, kata Valerie, Quester GKE 280 juga telah dilengkapi dengan solo axle berkualitas tinggi. “Sehingga dapat menjamin usia pakai lebih panjang,” ujar pria asal Prancis ini.

Sementara itu, Komisaris Utama Trans Migasindo, Rubianto Syafei mengatakan bahwa perusahannya fokus pada transportasi fuel and gas. Menurutnya, pemilihan Quester GKE 280 ABS merupakan bentuk dukungan dari korporasinya untuk menjamin pemerataan distribusi BBM dan LPG di Indonesia.

“Kami berterima kasih atas kemitraan PT Trans Migasindo yang telah membeli 64 Quester dari Astra UD Trucks, dan telah menjadi pelanggan loyal kami. Kami akan terus memberikan pelayanan purnajual selama 24 jam di seluruh wilayah operasional PT Trans Migasindo,” ujar Winarto Martono, Chief Executive Astra UD Trucks.

Quester
Quester GKE 280 4×2 Tractor Head

Dari total 64 unit Quester dalam pengadaan yang dilakukan oleh Trans Migasindo untuk peremajaan unit armada angkutannya, sebenarnya tidak seluruhnya model GKE 280. “Sekitar 45 unit adalah tipe GKE 280 yang sudah dilengkapi fitur ABS. Sisanya itu CDE 6×2 model rigid, tetapi semuanya buat aplikasi pengangkutan bahan bakar untuk support Pertamina,” ujar Bambang Widjanarko, General manager Astra UD Trucks di booth UD Trucks, GIICOMVEC 2020.

Varian Quester sendiri merupakan produk andalan UD Trucks di Indonesia yang bermain di kelas truk GVW >24 ton. GKE 280 merupakan salah satu model tractor head dalam keluarga Quester yang berpenggerak 4×2. Model ini punya tenaga mesin 280 dk dengan GVW 38 ton untuk aplikasi kargo dan industri, EMKL, serta angkutan BBM dan bahan kimia.

Sedangkan CDE 6×2 rigid tersedia dalam pilihan kapasitas power mesin 250 dk dan 280 dk, dan keduanya sama-sama dibekali GVW 26 ton. Quester CDE 6×2 Rigid sebelumnya telah dipamerkan di GIIAS 2019 yang didedikasikan untuk angkutan BBM industri. Truk ini sudah dilengkapi sistem pengereman udara (full air brake) dengan fitur anti-lock brake system (ABS), sakelar emergency cut-off, dan indikator reverse alarm sesuai kebutuhan transportasi angkutan bahan bakar.

 

Editor: Antonius
Foto: Astra UD Trucks, Anton



Related Articles

Sponsors

 

 

logo-chinatrucks300 327pix