Waspada Kerusakan Ban karena Cacat Produksi

09 / 12 / 2020 - in Berita, Kontributor Ahli

Seperti diketahui ada banyak sekali permasalahan seputar ban truk dan bus, salah satunya adalah kerusakan ban yang diakibatkan oleh kesalahan produksi, yaitu exposed cord. Exposed cord jika diartikan secara harfiah adalah kabel atau kawat yang terbuka.

Tire & Rim Consultant yang dimiliki oleh Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Bambang Widjanarko mengatakan jenis kerusakan ban exposed cord bisa dialami baik oleh ban radial untuk kendaraan pribadi maupun niaga seperti truk dan bus. Exposed cord hanya terjadi di bagian dalam atau interior ban saja.

“Penyakit ban yang satu ini berupa rangkaian kawat baja atau yang biasa disebut dengan body plies yang berfungsi sebagai casing ban yang terlihat mencuat terangkat dari balik lapisan inner liner ban dan baru bisa diketahui setelah ban dipompa atau dioperasikan,” jelas Bambang kepada TruckMagz.

Exposed cord bisa terjadi akibat kurang meratanya pelapisan tebal tipisnya inner liner pada bagian interior ban dalam proses produksi. “Perlu diketahui bahwa yang berpotensi tidak balance bukan hanya pelek saja, melainkan bannya juga bisa saja tidak balance,” tambah Bambang.

“Baik pelek maupun ban sama-sama bisa mengalami kondisi tidak balance, karena dalam proses pembuatannya bisa saja terjadi ketebalan yang tidak merata pada semua sisi. Maka saat kita melakukan proses balancing, kita perlu melakukannya setelah ban sudah terpasang pada pelek secara sekaligus,” kata Bambang menutup pembicaraan.

Editor : Sigit

Foto : Dokumentasi pribadi



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix