Truk Kelebihan Muatan, Begini Dampak Negatifnya pada Ban

03 / 12 / 2020 - in Berita, Kontributor Ahli

Kelebihan muatan pada truk menimbulkan berbagai macam kerugian. Tak menutup kemungkinaan, kerugian pada kendaraan itu sendiri. Salah satunya adalah kerusakan ban.

Bambang Widjanarko, Tire & Rim Consultant memaparkan, salah satu kerusakan ban akibat kelebihan muatan adalah bead burst. “Jenis kerusakan pada ban truk ini, berupa jebolnya bagian bead yang dibarengi dengan munculnya rangkaian kawat baja yang disebut sebagai body plies ke permukaan,” katanya.

Bambang melanjutkan penjelasannya, body plies adalah deretan rangkaian kawat baja yang berjejer rapi dan melilit kawat bead atau bead wire dari ujung yang satu ke kawat bead di ujung lainnya, body plies ini adalah casing-nya ban.

“Jebolnya bagian bead area dan terlepasnya body plies yang melilit bead wire ini yang utama adalah disebabkan karena ban telah mengalami defleksi berlebihan akibat kurangnya tekanan udara untuk menopang beban muatan overload, ” Imbuh Bambang yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jateng dan DIY.

“Selain itu, bead burst juga bisa dipicu oleh pemakaian pelek yang terlalu sempit atau berkarat. Sebab lainnya adalah bead tidak duduk dengan sempurna pada bead seat pelek yang berakibat bead selalu bergerak-gerak dan selalu bergesekan dengan bead seat area sepanjang perjalanan sampai panas dan jebol dengan sendirinya,” jelasnya.

Terakhir, bead burst juga bisa disebabkan oleh pemakaian ban yang terus menerus tanpa diistirahatkan untuk pendinginan dalam jarak panjang.

Editor : Sigit

Foto : Dokumen Pribadi



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix