Peta Okupasi Disahkan, Ruang Logistik Kembangkan Program

29 / 03 / 2021 - in Berita

Supply Chain Indonesia (SCI) mengapresiasi pengesahan Peta Okupasi Nasional Bidang Logistik dan Supply Chain pada 9 Maret 2021. Pengesahan dilakukan oleh Kemenko Perekonomian, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Kementerian PPN/Bappenas, Kemenaker, Kemendikbud, dan KADIN Indonesia.

Peta okupasi itu menjadi referensi nasional bagi kementerian/lembaga teknis, dunia usaha, lembaga pendidikan dan pelatihan, serta lembaga sertifikasi profesi. Hal ini selaras dengan PP No. 83 Tahun 2019 yang menyebutkan perusahaan yang bergerak di bidang jasa harus memiliki tenaga teknis yang kompeten yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi.

Chairman SCI, Setijadi mengatakan bahwa peta okupasi tersebut menjadi acuan SCI dalam mengembangkan silabus dan materi pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme SDM bidang logistik.

Selain secara offline, SCI mengadakan program e-training dan e-certification secara online melalui platform Ruang Logistik, yang dapat diakses melalui ruanglogistik.id. Program yang diluncurkan pada Juli 2020 itu telah diikuti 539 peserta dari seluruh Indonesia.

Program Ruang Logistik mengacu terhadap Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang logistik, sehingga pelatihan dan sertifikasi Ruang Logistik sekaligus sebagai tahap persiapan untuk mengikuti uji kompetensi dari BNSP.

Melalui program Ruang Logistik secara online, peserta dapat mengikutinya dari tempat masing-masing dan dengan waktu yang fleksibel. Materi program tidak hanya konseptual, tetapi juga praktis sesuai dengan kondisi dan permasalahan di lapangan. Program difasilitasi para profesional yang berpengalaman di berbagai perusahaan.

Pada April dan Mei mendatang, Ruang Logistik akan menyelenggarakan e-training dan e-certification Inventory Management, Procurement Management, Supply Chain Management (SCM), SCM for Maritime Sector, Warehouse Management, Transportation Management, dan Basic Logistics. Registrasi dapat dilakukan secara online melalui platform ruanglogistik.id. Informasi detail dapat menghubungi nomor WA 082115159595.

Setijadi yang juga bertindak sebagai CEO Ruang Logistik menjelaskan SDM di bidang logistik yang kompeten dan profesional diperlukan dalam mendukung kinerja perusahaan penyedia jasa logistik maupun pengguna jasa logistik seperti manufaktur dan retailer.

“Oleh karena itu, banyak perusahaan mengalokasikan dana pelatihan dan sertifikasi sebagai investasi peningkatan kapabilitas dan daya saing perusahan. Masa pandemi saat ini merupakan waktu yang tepat untuk pelatihan dan sertifikasi SDM,” kata Setijadi dalam keterangan resminya, Minggu (28/3).

Menurut Setijadi, sejumlah perusahaan mengalami kesulitan dalam mengalokasikan dana untuk pelatihan dan sertifikasi SDM-nya, termasuk akibat dampak pandemi Covid-19. Pemerintah diharapkan memfasilitasi pendanaan untuk pelatihan dan sertifikasi bidang logistik. SDM logistik yang kompeten juga akan berkontribusi terhadap kinerja logistik nasional.

 

Editor: Antonius
Foto: Dok. Pribadi



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix