Pahami Penyebab Retak Alur pada Ban

15 / 12 / 2020 - in Berita, Kontributor Ahli

Ban merupakan biaya terbesar kedua setelah bahan bakar dalam struktur biaya di perusahaan angkutan barang ( truk ) maupun orang ( bus ). Tidak berlebihan jika sampai ada perusahaan angkutan yang mengalami kebangkrutan akibat salah pengelolaan manajemen ban nya.

Tire & Rim Consultant bertaraf internasional asal Indonesia Bambang Widjanarko mengatakan, bahwa penentuan pilihan ban dan pengelolaan manajemen ban dalam perusahaan angkutan harus ditangani secara serius. Tidak bisa asal-asalan dan harus dilakukan secara detail.

“Kerusakan ban sangat beragam jenisnya, ada yang berupa kesalahan produksi, ada pula yang berupa kesalahan dalam pemakaian dan itu harus dipahami benar oleh semua pengusaha angkutan, agar bisa diambil langkah pencegahannya untuk lain waktu,” tegas Bambang.

Seperti salah satunya berupa retak alur atau yang biasa disebut dengan groove crack. Grove crack adalah jenis kerusakan yang umumnya dialami oleh ban jenis bias (benang nilon , walaupun ada juga ban radial (kawat baja) yang mengalaminya.

Menurut Bambang, groove crack bisa terjadi karena ada beberapa penyebab, ban pernah mengalami benturan dengan lubang atau benda padat di jalan, pernah ada batu kerikil yang terselip di alur telapak ban yang lama kelamaan merobek karet compound ban karena sering tergilas dan ban mengalami tekanan udara berlebihan (overinflation).

“Dewasa ini orang semakin sering dan familiar menggunakan ban truk dan bus jenis radial yang menuntut tekanan udara lebih tinggi daripada ban jenis bias. Tanpa disadari para tukang ban telah memompa ban bias dengan tekanan udara standar untuk ban radial. Ban bias jika dipompa sekuat-kuatnya seluruh bagian bodynya akan tertarik atau menggelembung dan cerukan pada alur telapak ban yang menjadi bagian paling tipis mengalami stress paling berat sehingga mudah robek, tidak demikian halnya pada ban radial yang cuma bagian dinding sampingnya saja yang menjadi lebih tegak ketika dipompa setinggi-tingginya,” jelas Bambang.

Editor : Sigit

Foto : Dokumentasi Pribadi



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix