Mengenal Pentingnya Flap dan Ban Dalam

10 / 12 / 2020 - in Berita, Kontributor Ahli

Hubungan antara ban luar (tire) dengan ban dalam (tube) dan selendang (flap) pada ban jenis tube type adalah bersifat komplementer atau saling melengkapi satu sama lain. Namun secara tidak disadari keberadaan ban dalam apalagi selendangnya kerap tidak mendapat perhatian dan bahkan hanya dianggap sebagai sekedar paket pelengkap saja oleh para penggunanya.

Tire & Rim Consultant bersertifikat internasional Bambang Widjanarko mengatakan, banyak orang mengesampingkan peran ban dalam dan selendang pada ban jenis tube type (memakai ban dalam), Padahal jika ban dalamnya rapuh dan gampang meledak tentu ban luarnya pun tidak akan selamat dan akan ikut meledak juga. “Semua pabrik berusaha menyertakan ban dalam dan selendang sebaik mungkin untuk mendukung performa ban luarnya. Sayangnya banyak orang sering memodifikasi atau merubah bentuk dari spesifikasi asli bawaan pabriknya, misalnya dengan mencopoti pelat baja yang terdapat di sekitar pentil (valve) yang berfungsi sebagai pelindung ban dalam”, tutur Bambang.

 

Hasilnya, menurut dia, adalah munculnya kasus seperti ban dalam terpejit di lubang pentil yang ada di pelek.

Bambang melanjutkan, “Pabrik ban dalam memang sengaja memberi pelindung berupa pelat baja pada sekitar bagian pentil yang rawan terjepit oleh lubang pentil. Demikian pula pada sekitar lubang pentil yang terdapat pada selendang ban. Beberapa orang menggunakan karet bundar sebesar serabi yang ditempatkan di sekitar pentilnya untuk menggantikan pelat bajanya,” katanya.

“Selendang ban ada yang cuma sekedar dipertebal body-nya di sekitar bagian lubang pentilnya saja, tapi ada juga yang ditambahkan pelat baja sebagai pelindungnya,” tutup Bambang.

Editor : Sigit

Foto : Dokumen pribadi



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix