Insiden Truk Overload Tercebur di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

11 / 01 / 2021 - in Berita

Insiden truk tercebur di dermaga Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kalimantan Selatan tersebar di media sosial. Salah satu akun di platform berbagi video YouTube, Membingkai Indonesia meng-upload rekaman video insiden tersebut pada Minggu (10/1). Video ini pun telah dibagikan di berbagai media sosial, salah satunya Twitter.

“Kejadian nahas menimpa truk Hino bernomor polisi DA 9276 TAB Sabtu, (9/1/2021) di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Truk tersebut tercebur ketika akan menaiki KM. Dharma Kartika IX yang sandar di Dermaga pelabuhan Trisakti Sabtu kemarin,” tulis akun Twitter @widodogroho. Akun ini juga menulis, ‘Ramp door kapal tinggi banget’.

Beberapa netizen di media sosial Twitter ikut mengomentari video insiden truk tercebur di dermaga Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kalimantan Selatan itu.

“Ada benarnya juga. paling sering nyebrang ke timur jarang atau bahkan tidak pernah lihat setinggi itu,” tulis akun @dedonamaku.

“iya om, sudut ramp tajem banget,” tulis akun @irvan_aan88.

Netizen lainnya juga mengomentari terkait beban berlebih.

“Terlalu berat beban, dan kendaraan sepertinya sudah tua,” tulis akun @sjtgpriok

“Iya, ada kemungkinan faktor overload,” jawab akun @widodogroho lagi.

“Iya sepertinya memang seperti itu ,dari tarikan nafas kendaraan aja sudah saya bedek,” tulis akun @sjtgpriok menimpali.

Kasi Humas Polsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) area pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Aipda Herjani membenarkan kejadian tersebut. Menurut keterangan resmi Polsek KPL pada Senin (11/1), insiden tersebut terjadi di Dermaga 100 Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Sabtu (9/1) sekitar pukul 18.00 WITA.

Berdasar keterangan Aipda Herjani, truk Hino FF series 4×2 yang dipasarkan di Indonesia antara tahun 1982 hingga 2002 itu diketahui mengangkut besi tua. Insiden berawal ketika truk yang dikemudikan oleh Ari Septian hendak naik melalui ramp door ke atas kapal KM Dharma Kartika IX yang bersandar di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin.

Saat itu truk tidak kuat menanjak sampai bibir geladak/ramp door atas kapal akibat beban muatan besi tua yang terlalu berat (overload) dengan posisi ramp door yang tinggi, sehingga truk tak mampu naik dan seketika meluncur mundur ke belakang. Truk kehilangan kendali karena tidak mampu mengerem hingga menabrak tanggul pembatas sebelah kanan jalur kendaraan di dermaga.

“Truk langsung terguling atau tercebur, korban juga langsung keluar melalui pintu kaca truk untuk menyelamatkan diri. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut,” kata Aipda Herjani.

 

Editor: Antonius
Foto: Tangkapan layar YouTube



Sponsors

 

logo-chinatrucks300 327pix