Ban Khusus untuk Perkotaan atau Urban Tire

06 / 02 / 2021 - in Berita, Kontributor Ahli

Dewasa ini ada banyak sekali pilihan varian ban truk & bus radial yang tersedia di pasaran. Beraneka macam pola telapak sengaja diproduksi untuk mengakomodir berbagai macam jenis medan untuk beroperasinya kendaraan.

Berbeda halnya dengan ban bias yang sangat terbatas pilihan varian nya. Paling cuma ada dua pilihan saja, pola telapak halus dan kasar. Tire Engineer sudah tidak punya lagi tantangan untuk mengembangkan produk ban bias, karena teknologinya sudah mentok.

Tire & Rim Consultant bersertifikat internasional Bambang Widjanarko mengatakan, segmentasi penggunaan ban radial bisa dikelompokkan menjadi beberapa kategori menurut medan daerah operasionalnya.

“Seperti jalan highway, yaitu jalan berpermukaan halus dan berjarak panjang. Lalu regional road atau jalan antar kota diluar jalan tol, termasuk yang melewati pegunungan dan pedesaan. Ada pula lintasan tanah, berlumpur, bersalju, bebatuan dan military purpose atau jalur untuk keperluan operasi militer,” Bambang menuturkan kepada Truckmagz.

Bambang melanjutkan, bahwa tidak banyak yang tahu, ada ban radial yang khusus direkomendasikan untuk medan perkotaan saja, bukan untuk digunakan jarak jauh (long haul service) dan biasanya ditandai dengan tulisan city atau urban di bagian dinding samping ban tersebut.

“Artinya ban tersebut sangat tahan digunakan untuk rute jarak pendek dengan intensitas mengerem dan berakselerasi sangat banyak. Oleh karena itu ban jenis ini sering disebut juga stop and go tire. Selain ada tulisan city atau urban pada dinding sampingnya, biasanya ada ciri lain yaitu telapaknya lebih tebal daripada ban untuk keperluan jarak jauh dan kemungkinan juga terdapat coakan sedalam 1,5 milimeter di dinding sampingnya pada 4 titik, seperti pada jam 12, 3, 6 dan jam 9,” Bambang mencoba menjelaskan.

Gunanya adalah untuk menunjukkan bahwa dinding samping ban city atau urban ini telah dipertebal untuk mengantisipasi jika ban ini digunakan untuk bus rapid transport yang sering membentur dan melompati separator atau trotoar.

Karena dinding sampingnya dipertebal, konsekuensinya ban ini akan mengalami panas berlebih (overheat) jika digunakan untuk jarak panjang tanpa sering beristirahat.

“Jadi sebenarnya tidak ada ban yang baik atau buruk, yang ada hanya ban yang kualitasnya sesuai dengan harganya dan performa ban hanya bisa bagus jika dipakai sesuai dengan aturan yang direkomendasikan oleh pabriknya,” pungkas Bambang.

Editor : Sigit

Foto : Dokumentasi pribadi



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix