Apa Beda antara Ply Rating dengan Load Range?

22 / 03 / 2021 - in Berita, Kontributor Ahli

Ban adalah komponen kendaraan yang berbentuk seperti kue donut berwarna hitam memang merupakan topik pembicaraan yang selalu menarik jika mau dibedah dari berbagai sudut. Pada tiap-tiap dinding samping sebuah ban, pasti ada tertulis ply rating atau load range untuk menegaskan terdiri dari berapa lapis kawat baja atau benang sebagai kerangka ban tersebut.

Tire & Rim Consultant dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia ( Aptrindo ) Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta mengatakan, bahwa sebenarnya tidak ada perbedaan arti antara ply rating dengan load range. Hanya ada perbedaan cara penggunaan istilah saja.

“Umumnya istilah load range hanya digunakan di Amerika Utara saja, sebagai negara yang kita kenal sering ingin tampil beda dari negara lainnya. Sedangkan sisanya negara di seluruh dunia umumnya menggunakan istilah ply rating. Ya mungkin seperti ada yang menggunakan Celcius dan Fahrenheit untuk ukuran temperatur atau ada yang menggunakan Centimeter dan Feet untuk ukuran panjang dan tinggi,” lanjut Bambang.

Bambang menjelaskan, yang paling penting adalah ply rating selalu ditampilkan dalam bilangan genap di seluruh dunia, karena awalnya dahulu yang namanya ply adalah merupakan 2 (dua) helai benang nilon yang dirajut menjadi 1 (satu). Jadi untuk kerangka ban sepeda pun paling minim adalah 2 ply.

“Sedangkan dalam penulisan load range, sejak awal para tire engineer menghindari penggunaan huruf “i” untuk menghindari kerancuan dengan angka “1” dan menghindari penggunaan huruf “k” untuk menghindari kerancuan dengan istilah “seribu / 1.000”, pungkas Bambang.

Editor : Sigit

Foto : TruckMagz.



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix